Kamis, 17 Desember 2009

TUGAAAS ! :D

Alamat Internet Mulai Gunakan Aksara Non Latin

Selasa, 27 Oktober 2009 00:30 WIB
Penulis : Mario Iristo

SEOUL--MI: Internet diyakini telah siap menghadapi masalah terbesarnya dalam empat dekade terakhir. Kini nama domain internasional internet atau yang lebih dikenal dengan alamat internet dapat ditulis dengan bahasa selain bahasa Inggris.

Pengamat internet internasional, Internet Corporation for Assigned Names and Numbers (ICANN) menganggap tantangan terbesar bagi teknologi internet adalah
penulisan nama alamatnya tanpa menggunakan bahasa Inggris atau bahasa apapun yang berdasar pada aksara latin. Maksudnya, internet juga harus mampu memiliki alamat yang terdiri dari aksara-aksara lainnya, seperti Arab, Korea, Jepang, Yunani, Hindi dan sebagainya.

Ini adalah tantangan teknis terbesar bagi internet sejak ditemukan 40 tahun yang lalu. Bila mampu menggunakan aksara selain latin hal tersebut menjadi fitur teknis yang sangat rumit dan luar biasa mengagumkan, ujar pimpinan dewan direksi ICANN, Peter Dengate Thrush.

Untuk dapat memulai menggunakan aksara-aksara baru tersebut, ICANN menyatakan siap menjadi pelopornya. ICANN telah melakukan eksperimen mengenai hal tersebut selama beberapa tahun belakangan ini.

Kami yakin hal tersebut akan berhasil karena kami telah mencobanya selama beberapa tahun belakangan ini. Kini kami benar-benar siap untuk meluncurkannya, papar CEO ICANN, Rod Beckstrom.

ICANN mencatat dari 1,6 miliar pengguna internet di dunia saat ini bahkan lebih dari setengahnya menggunakan aksara selain latin. Sebab itu, inovasi tersebut tidak hanya akan berguna bagi separuh pengguna internet saat ini, namun juga lebih dari setengah pengguna internet di masa mendatang seiring terus berkembangnya penggunaan internet, tambah Rod. (*/OL-06)

Sumber: Media Indonesia Online
http://www.mediaindonesia.com/read/2009/10/27/102351
/92/14/Alamat-Internet-Mulai-Gunakan-Aksara-Non-Latin

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

comment please :)